Jembatan
Nasional “Suramadu” (Surabaya Madura) adalah jembatan yang melintasi
Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura
(di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m,
jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.
Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway),
jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
-
Jembatan
ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri
pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo
Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.
Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di
Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang
relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan
biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp. 4,5 triliun.
-
Pembuatan
jembatan ini dilakukan dari 3 sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi
Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan
bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.
-
Konstruksi
-
Jembatan
Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari 3 jenis jembatan dengan
panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30
meter. Jembatan ini menyediakan 4 lajur 2 arah selebar 3,5 meter dengan 2
lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur
khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.
-
Jalan layang
Jalan
layang atau Causeway
dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat
melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36
bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang
sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura.
-
Jalan
layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter
tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm.
Jembatan penghubung
Jembatan
penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan
jalan layang. Jembatan terdiri dari 2 bagian dengan panjang
masing-masing 672 meter.
-
Jembatan
ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter
tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang
berdiameter 180 cm.
Jembatan utama
Jembatan
utama atau main bridge terdiri dari 3 bagian yaitu 2 bentang samping
sepanjang 192 meter dan 1 bentang utama sepanjang 434 meter.
Jembatan
utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara
kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi
komposit setebal 2,4 meter.
Untuk
mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura,
jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan
laut. (Sumber : Wikipedia).
GALERI JEMBATAN SURAMADU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar